Cara Install dan Konfigurasi Monitoring Ntopng


            Monitoring server itu sangat penting bagi admin server. Jika ada masalah di server para admin server sudah mengetahui masalah atau eror bagian  mana. Perbaikan jaringan server lebih cepat dan efisien.  


            Fungsi dari ntopng adalah sebuah fitur yang di gunakan untuk monitoring interfaces atau lancard server. Suatu saat interfaces bermasalah dengan cepat fitur ntopng yang sudah di installl dan konfigurasi secara benar. Akan terdeteksi masalah tersebut. Secara cepat ntopng memberi peringatan kepada admin server.
            Tools ini tidak perlu koneksi internet di karenakan sudah ada paket di dalam cd debian tersebut. Cukup install paket ya seperti di gambar di bawah ini.


Pilih interfaces yang aktif untuk di monitoring jalan trafic.



Berikan passowrd untuk aplikasi ntopng tersebut.



Berikan password sekali lagi.



            Buka browser di client. seperti di gambar di bawah.  Jangan lupa berikan port 3000. Di karenakan aplikasi ntopng menggunakan port 3000.



Tampilan akan seperti ini.




Alhamdulilah  sudah  selesai   install  dan  konfigurasi    monitoring   ntopng.   Monitoring  ini  sangat  berguna  bagi  admin  server.  Untuk  monitoring  server ,pada  lancard  atau interfaces pada  servernya.  Jika  lancard bermasalah,   ntopng akan  memberikan deteksi berupa  peringatan   ke  admin  server.