Apa itu DHCP SERVER

Pada kali  ini  saya  akan  sedikit memaparkan  tentang  dhcp server.   Bagi  yang belum  tahu,  dhcp  server  itu apa dan fungsi  buat  apa. 

Disini  saya  akan  jelaskan  secara  detailnya. Semoga  kalian paham  yang saya jelaskan dhcp  server. 


yuukkkk.....
         
       kepoin  guys .......
                   
                Biar pinter .................


Add caption


Apa itu Dhcp Server 


 Dhcp ( Dynamic Host Configuration Protocol ) merupakan  protokol  yang berbasis arsitektur client- server  yang di pakai  untuk  mengalokasikan  alamat ip address  dalam  satu jaringan.  

Sebuah  jaringan  yang  tidak menggunakan  DHCP  server, memberikan  alamat  ip address  secara  manual  ke  setiap  PC Host yang  terhubung ke jaringan. Sedangkan  dhcp  server  di pasangkan di jaringan lokal, secara  otomatis akan mendapatkan  alamat  ip address  setiap  PC host yang terhubung ke jaringan tersebut. 


Fungsi DHCP Server 

 Salah satu  fungsi  dhcp server  adalah  memberikan  alamat ip address  secara  otomatis  ke  setiap  perangkat  jaringan  yang terhubung ke  jaringan  lokal  tersebut.  Mendapatkan  alamat  ip address  dari dhcp server. 

Cara Kerja DHCP Server 


Karena DHCP Server  merupakan  sebuah  protokol  yang  menggunakan  arsitektur client/server, maka  dalam dhcp server  terdapat  dua pihak  yaitu dhcp server  dan dhcp client. 


1. Dhcp Server  

 Merupakan sebuah mesin yang  menjalankan  layanan "menyewakan  alamat  ip  address dan  informasi  tcp/ip ke semua  client yang  memintanya.  Ada beberapa  sistem operasi jaringan  seperti  Windows 2003 Server, Windows 2012 Server dan GNU /LInux  meyediakan  layanan  tersebut. 

2. Dhcp Client 


Merupakan  mesin  client  yang menjalankan  perangkat  lunak  dhcp  server  yang  dapat  berkomunikasi  dengan dhcp server.  Sebagian  besar sistem operasi seperti windows 7,windows xp, windows 8,windows 10, Gnu /Linux. 


Dhcp  Server, umunya  memilki  sekumpulan alamat ip address   yang  diizinkan  untuk  didistribusikan  ke  client,  di  sebut dengan  dhcp pool.  Setiap   Client  akan menyewa  alamat  ip address dari  dhcp pool   untuk  waktu  yang ditentukan  oleh  Dhcp  server. 

 Biasanya bisa berhari-hari tergantung dari  dhcp  yang disetting  berapa lama, jika  waktu  sewa alamat  ip  address tersebut sudah habis.  Client akan meminta alamat ip address baru atau  memperpanjangnya. 


DHCP client akan mencoba untuk mendapatkan  "alamat ip  " dari sebuah  dhcp  server.  Akan  melalui empat  langkah, sebagai  berikut ini. 

DHCP Client akan mencoba untuk mendapatkan "penyewaan" alamat IP dari sebuah DHCP server dalam proses empat langkah berikut:
  1. DHCPDISCOVER: DHCP client akan menyebarkan request secara broadcast untuk mencari DHCP Server yang aktif.
  2. DHCPOFFER: Setelah DHCP Server mendengar broadcast dari DHCP Client, DHCP server kemudian menawarkan sebuah alamat kepada DHCP client.
  3. DHCPREQUEST: Client meminta DCHP server untuk menyewakan alamat IP dari salah satu alamat yang tersedia dalam DHCP Pool pada DHCP Server yang bersangkutan.
  4. DHCPACK: DHCP server akan merespons permintaan dari klien dengan mengirimkan paket acknowledgment. Kemudian, DHCP Server akan menetapkan sebuah alamat (dan konfigurasi TCP/IP lainnya) kepada klien, dan memperbarui basis data database miliknya. Klien selanjutnya akan memulai proses binding dengan tumpukan protokol TCP/IP dan karena telah memiliki alamat IP, klien pun dapat memulai komunikasi jaringan.